pretest_vc11_3KA10_1B118709_M.Faisal Daulay

Nama              : M.Faisal Daulay
NPM               : 1B118709
Kelas               : 3KA10
Matkul            : Sistem Basis Data 2
Tugas              : vclass 11 pretest

contoh penggunaan kriptografi pada proses auntentikasi data
            Tidak  dipungkiri  lagi  sekarang kebutuhan  akan  teknologi  sangat  penting dirasakan, bahkan kita tidak menyadari akan keamanan  dalam  menggunakan  teknolgi jaman  sekarang  nah,  untuk  menyelamatkan data-data  yang  kita  miliki  berikut  adalah implementasi  kritografi dikehidupan  sehari-hari :
A.    Transaksi  lewat  Anjungan  Tunai mandiri (ATM)
Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic  Teller  Machine  (ATM) digunakan  nasabah  bank  untuk melakukan  transaski  perbankan. Utamanya,  kegunaan  ATM  adalah untuk  menarik  uang  secara  tunai (cash  withdrawal),  namun  saat  ini ATM juga digunakan  untuk transfer. Transaksi  lewat  ATM memerlukan kartu magnetik (disebut juga  kartu  ATM)  yang  terbuat dari plastik  dan  kode  PIN  (Personal Information  Number)  yang berasosiasi  dengan  kartu  tersebut. Bentuk  perlindungan  yang dilakukan  selama  transmisi  adalah dengan mengenkripsikan PIN. Di sisi bank,  PIN yang  disimpan di  dalam basisdata juga dienkripsi. 

B.     Pay TV
Pay  TV  adalah  siaran  TV yang  hanya  dapat  dinikmati  oleh pelanggan  yang  membayar  saja, sedangkan  pemilik  TV  yang  tidak berlangganan tidak dapat menikmati siarannya  (Di  Indonesia  Pay  TV dikelola oleh PT. IndoVision). Siaran Pay  TV  dipancarkan  secara broadcast,  namun  hanya  sejumlah pesawat  TV  yang  berhasil menangkap  siaran  tersebut  yang dapat „mengerti‟  isinya. Pada  sistem Pay TV, sinyal broadcast dienkripsi dengan  kunci  yang  unik.  Orang-orang  yang  berlangganan  Pay  TV pada  dasarnya  membayar  untuk mengetahui kunci tersebut.

C.     Transaksi E-commerce
Sekarang  banyak  orang berbelanja  melalui  web  di  internet. Pembayaran  barang  dilakukan dengan  menggunakan  kartu  kredit, yang  berarti  bahwa  pembeli  harus mengirimkan kode PIN kartu kredit dan  informasi  lainnya  melalui internet. Browsing  web  secara  aman adalah  fitur  paling  penting  pada  e-commerce.  Secure  Socket  Layer (SSL)  adalah  protokol  yang digunakan  untuk  browsing  web secara  aman.  Kedua  protokol  ini memfasilitasi  penggunaan  enkripsi untuk  data  yang  rahasia  dan membantu  menjamin  integritas informasi yang dipertukarkan  antara website dan  web  browser (misalnya Netscape, Interner Explorer, dsb).

Comments

Popular posts from this blog

Flowchart Sistem Pakar

Analisa Teknologi Insfrastrukstur Bank BNI