Kecerdasan Buatan(Artificial intelligence)

Baak.gunadarma.ac.id
Studentsite.gunadarma.ac.id

Tugas          : Soft Skill
Matkul        : Peng. Teknologi Sistem Cerdas #


Menciptakan Otak Tiruan dengan Komputer Super Cerdas

          Otak manusia setiap detik memproses ribuan sinyal sensorik dan memberikan perintah biologis. Bagaimana prosesnya? Ilmuwan harus mensimulasikan kerja otak manusia dengan 100 milyar sel sarafnya untuk mengetahuinya.



Apakah robot bisa dilengkapi dengan perasaan dan kesadaran? Untuk merealisasikan visi ini, ilmuwan perlu pusat pengontrolan yang berbasis dalam otak manusia. Ini sebuah proyek superlatif dan bertujuan untuk mengerti otak dan mensimulasikannya dalam komputer.
          Alois Knoll dari Universitas Teknik München adalah salah satu dari banyak ilmuwan di Eropa yang berupaya mengungkap cara kerja otak. "Ide dasar proyek Human Brain adalah: membuat simulasi komputer dari sebanyak mungkin fungsi otak hewan mamalia. Jadi langkah pertamanya, orang harus mengerti bagaimana semua ini berfungsi. Bagaimana cara neuron atau komponen otak berfungsi. Bagaimana mereka bekerjasama dan bagaimana meniru cara kerja mereka lewat komputer, yang pada dasarnya mengolah angka. "
          Jika dibandingkan dengan otak manusia, otak tikus dengan 70 juta neuron sangat kecil, tapi strukturnya serupa. Jadi langkah pertama adalah simulasi otak tikus yang tidak terlalu rumit. Dan dikaitkan dengan pertanyaan, bagaimana otak menyampaikan informasi ke tubuh virtual. Otak memproses impresi dari sensor dan menghasilkan komando biologis yang, misalnya, menyulut reaksi emosi. Bagaimana jalan proses ini?
       Untuk mereproduksi otak manusia yang punya 100 milyar neuron, harus diperoduksi lebih dari satu superkomputer raksasa baru. Dengan processor 150.000 , apa yang disebut SuperMUC di München adalah salah satu komputer paling besar di dunia. Dan itu saja tidak cukup untuk simulasi otak manusia.
          Prof. Alois Knoll: "Kalau orang mengira-ngira kapasitas sebuah neuron dalam bentuk kapasitas komputer, mungkin bisa dibilang, komputer seperti SuperMUC hanya punya seperempat persen kapasitas otak manusia."
          Kalau berbicara soal matematika murni, manusia, bahkan kalah dengan kalkulator kecil yang bisa ditempatkan di saku. Sebaliknya, manusia mampu menangkap makna situasi di sekeliling kita dalam beberapa detik, termasuk juga membedakan antara informasi penting dan tidak penting. Sedangkan komputer dalam waktu singkat kewalahan jika dimasukkan data yang tidak disaring. Selebihnya, komputer berkemampuan tinggi perlu tenaga listrik sebanyak yang diperlukan sebuah kota kecil. Sedangkan otak hanya perlu energi sebanyak yang diperlukan bola lampu.
          Generasi komputer baru akan mendapat otak manusia dan cara berfungsinya sebagai pola tertentu, seperti halnya pada apa yang disebut SpiNNaker-Chips. "SpiNNaker mengkombinasikan masing-masing 18 prosesor lengan sederhana dalam sebuah chip dengan sebuah jaringan sederhana yang memungkinkan tukar-menukar data antara 18 chip ini dalam cara yang biasanya tidak dilakukan orang, yaitu secara asynchronous", ujar Knoll.
          Agar bisa menguji simulasi mereka, ilmuwan telah mengembangkan robot jenis baru yang direncanakan akan bisa melaksanakan tugas yang diberikan otak virtual, misalnya memproses gerakan. Sebuah robot dengan sistem mekanikal dari tubuh manusia dan tulang belakang elastis, juga urat dan sendi. Tujuannya, agar robot bisa bergerak fleksibel seperti manusia. Tapi untuk itu, robot harus dikontrol dengan sensitivitas yang sesuai.
          Pakar informatika Dr. Florian Röhrbein: "Pada robot antropometris tantangan terbesarnya adalah, orang perlu struktur kontrol baru, karena orang tidak punya motor pada sendi seperti pada robot-robot yang digunakan dalam industri. Di sini robot punya urat, sendi dan tulang. Dan ini tantangan besar bagi ilmu pengetahuan, untuk mengembangkan strategi kontrol. Dan untuk itu kita juga bisa mencontoh otak. Kita bisa melihat dari ilmu syaraf, bagaimana manusia mengendalikan sendi."
          Masih banyak riset diperlukan, sebelum otak virtual mampu mengontrol tubuh mesin dengan sempurna. Jika robot nantinya akan bisa murni menunjukkan perasaan, ilmuwan harus mengerti dulu otak manusia.

Benarkah Machine Learning(AI) Mampu Menggantikan Peran Manusia di Bumi?
            Di Era Modernisasi ini perkembangan teknologi sudah pesat, dan dalam perkembangan yang pesat ini manusia sudah mampu buat teknologi atau sistem cerdas yang sangat membantu manusia dalam aktivitas sehari-harinya, Salah satu Perkembangan atau kemajuan yang terbesar dalam sejarah Komputasi adalah Pembelajaran Mesin(Machine learning/AI).
            Machine Learning diyakini mampu mengambil peran penting dalam bidang data dan analisis yang besar. Analisis data yang besar ini merupakan tantangan besar dalam dunia bisnis saat ini. Misalnya saja aktivitas seperti membuat format volume data yang sangat beragam, serta persiapan data untuk analisis dan penyaringan data yang berlebihan, diketahui dapat menghabiskan banyak sumber daya. Jika harus mempekerjakan ilmuwan dan spesialis data, maka mereka harus rela mengeluarkan biaya yang mahal dan belum tentu juga sesuai dengan kebutuhan setiap perusahaan. Oleh karena itu, para ahli percaya bahwa pembelajaran mesin ini dipercaya akan mampu meng-otomatisasi banyak tugas yang berkaitan dengan analisis, baik yang sifatnya rutin maupun kompleks. Meng-otomasi pembelajaran mesin ini juga dapat membebaskan banyak sumber daya, sehingga dapat digunakan untuk pekerjaan yang lebih kompleks dan inovatif. Setidaknya begitulah penampakan arah atau tujuan dari pembelajaran mesin yang dimaksud tersebut.

Apa Itu Otomasi Pembelajaran Mesin Masa Depan?
            Seperti yang sudah dijelaskan dari penjelasan di atas, Machine Learning merupakan salah satu cabang dari disiplin ilmu Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence), yang membahas mengenai pembangunan sistem yang berdasarkan pada data. Inti dari pembelajaran mesin ini adalah kemampuan sistem untuk terus belajar dari data, kemudian berkembang tanpa adanya ikut campur tangan manusia. Mesin belajar tersebut harus mampu berperilaku layaknya seperti otak manusia. Salah satu contohnya adalah mesin rekomendasi yang ada di situs web e-niaga yang dapat menilai preferensi dan selera unik dari para pengguna, menawarkan rekomendasi mengenai produk-produk yang dimiliki dan juga memberikan penawaran layanan yang paling sesuai dengan pilihan pengguna.
            Dengan kemampuan seperti itu, wajar saja memang jika pembelajaran mesin dianggap sangat ideal untuk meng-otomatisasi tugas kompleks yang berkaitan dengan data dan analisis dalam jumlah yang lebih besar.
Penemuan ini telah berhasil menjadi alternatif tepat dalam mengatasi keterbatasan utama sistem otomasi tradisional, yang tidak dapat beroperasi tanpa adanya intervensi manusia secara teratur.
Jika diartikan dalam bahasa sederhananya: kalau dulu segala bentuk teknologi memerlukan bantuan manusia dalam pengoperasiannya, kini dengan adanya Machine Learning ini, manusia tidak perlu lagi terlalu banyak ikut campur untuk mengoperasikan teknologi tersebut, karena mereka bisa melakukannya sendiri.
Definisi Kecerdasan Buatan (AI)
salah satu bagian dari ilmu komputer yang membuat agar (mesin komputer) dapat melakukan pekerjaan sebaik yang dilakukan oleh manusia.
Sudut pandang kecerdasan .
Kecerdasan buatan akan membuat mesin menjadi ‘cerdas’ (mampu berbuat seperti seperti apa yang dilakukan oleh manusia )
Sudut pandang penelitian
Kecerdasan buatan adalah studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dikerjakan oleh manusia.
Sudut pandang bisnis
Kecerdasan buatan adalah kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah – masalah bisnis
Sudut pandang pemrograman
Kecerdasan buatan meliputi studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah (problem solving) dan pencarian (searching).


Untuk melakukan aplikasi kecerdasan buatan ada 2 bagian utama yang sangat dibutuhkan :
1.     Basis pengetahuan (Knowledge Base), berisi fakta – fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan yang lainnya.

2.     Motor Inferensi (Inference Engine), yaitu kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman.
Kecerdasan Buatan VS Kecerdasan Alami
  1. Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer & program tidak mengubahnya.
  2. Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi & disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain membutuhkan proses yang sangat lama; dan juga suatu keahlian itu tidak akan pernah dapat diduplikasi secara lengkap.
  3. Kecerdasan buatan lebih murah dibanding kecerdasan alami
  4. Kecerdasan buatan bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer. Kecerdasan alami akan senantiasa berubah – rubah.
  5. Kecerdasan buatan dapat didokumentasi. Keputusan yang dibuat oleh komputer dapat di dokumentasi dengan mudah dgn cara melacak setiap aktifitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sulit di reproduksi.
  6. Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat di banding kecerdasan alami.
  7. Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik di banding dengan kecerdasan alami.

Sejarah Kecerdasan Buatan
  1. Th.1956 -> AI Diperkenalkan oleh John McCarthy profesor dari Massachusetts Institute Of Technology
  2. Beberapa program AI yang mulai dibuat pada tahun 1956 – 1966, antara lain :
  • Logic Theorist, diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan teorema – teorema matematika.
  • Sad Sam, diprogram oleh Robert K. Lindsay (1960). Program ini dapat mengetahui kalimat – kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta – fakta yang didengar dalam sebuah percakapan.
  • ELIZA, Diprogram oleh Joseph Weizenbaum (1967). Program ini mampu melakukan terapi pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.
Perkembangan AI saat ini
Perkembangan dengan Teknik Searching
  1. Diaplikasikan untuk GPS(Global Positioning System) untuk memandu seseorang di perjalanan dengan rute optimum , dimana di kota Gotenborg Swedia, setiap taksi sudah menggunakan GPS .
  2. Ketika penumpang menyebutkan suatu tempat tujuan di jalan x, maka sopir tinggal memasukkan tujuan tersebut ke komputer. Sopir tinggal mengikuti panduan dari komputer dan posisi taksi terlacak melalui pantauan satelit GPS berdasarkan koordinat bumi dengan akurasi tinggi.
  3. Produk lainnya yaitu TomTom yaitu sebuah software yang berfungsi sebagai Tour guide dapat diinstal pada PDA, Software ini bisa membantu wisatawan untuk menjelajahi tempat – tempat menarik di berbagai kota di EROPA, Amerika dan Australia.
Perkembangan dengan Teknik Reasoning
  1. Software permainan catur yang disebut dengan HITECH adalah sistem AI pertama yang dapat mengalahkan grandmaster dunia , Arnold Danker.
  2. Dalam bidang kedokteran sudah terdapat software yang disebut dengan Medicware, yang digunakan untuk merekam catatan medis pasien dan dapat diinstall di PDA.MedicWare di lengkapi dengan ribuan pengetahuan tentang jenis, merek, efek samping dan interaksi dengan berbagai jenis obat – obatan.
Perkembangan dengan Teknik planning di Manufaktur dan Robotic
  • Optimum-AIV adalah suatu planner(software yang menggunakan teknik planning) yang digunakan oleh European Space Agency untuk Assembly atau perakitan, Integration atau penggabungan, dan Verification (AIV) pesawat terbang.Software tersebut digunakan untuk membuat perencanaan – perencanaan tersebut.
Perkembangan dengan Teknik learning
  1. Teknik learning digunakan pada berbagai bidang seperti transportasi, specch processing, computer vision, robotic, dsb.
  2. Sebuah sistem auto driver yang disebut ALVINN telah berhasil dibuat oleh Dean Pomerleau dari Carnegie Mellon University, USA. Dengan sistem ALVIN, sebuah mobil bisa berjalan sendiri tanpa harus disetir oleh manusia. Sistem tersebut dibuat dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan(JST), yang dilatih dengan berbagai gambar kondisi jalan raya yang ditangkap melalui kamera yg diletakkan di mobil.
  3. Speech processing, sistem pengenalan suara, pengenalan pembicara dan bahkan sistem speech-to-speech Machine Translation (S2SMT), dengan software ini orang yang berbicara dengan bahasa yang berbeda dapat saling berkomunikasi, si A bahasa Inggris dan si B bahasa jerman
  4. Komponen utama dari S2SMT ini terdiri dari ASR(Automation Speech Recognition) yang mengubah suara manusia menjadi teks. Machine Translation (MT) yang menerjemahkan teks menjadi suara.
Prediksi kejadian perkembangan AI
  1. Th2009 sebuah PC seharga seharga US$ 1000 akan dapat melakukan satu trilyun kalkulasi/detik. Komputer akan menjadi sangat kecil, menempel pada pakaian dan perhiasan, sebagian transaksi bisnis rutin berada diantara manusia dan personalitas virtual.Telephone dengan terjemahannya, pemanggil dan yang dipanggil bisa menggunakan 2 bahasa,akan digunakan secara luas di masyarakat.(sudah terbukti dengan adanya PDA)
  2. Tahun2019 sebuah PC seharga US$1000 akan setara dengan kemampuan komputasional otak manusia. Komputer semakin mudah dioperasikan, tidak terlihat dan menempel dimana saja. Virtual reality sudah dalam 3 dimensi. Sebagian besar interaksi dengan komputer sudah melalui isyarat tubuh dan komunikasi ucapan bahasa alami 2 arah.
  3. Tahun2029 sebuah PC seharga US$1000 akan setara dengan kemampuan seribu otak manusia. Komputer sudah terhubung langsung dengan otak manusia dengan koneksi high-bandwith.Pencangkokan otak berhasil dilakukan untuk meningkatkan persepsi dan interpretasi secara audio visual.
  4. Tahun2049 makanan yang diproduksi menggunakan nano technology mulai digunakan secara umum. Makanan tersebut mempunyai rasa dan tekstur yang sama dengan makanan organik.
  5. Tahun 2072 Picoengineering atau teknologi pada skala picometer atau meter berhasil diaplikasi didunia nyata.
  6. Tahun 2099 manusia dengan mesin sudah tidak dapat dibedakan lebih, dimana kemungkinan mesin akan melebihi kecerdasan manusia dan mesin akan mengklaim bahwa dirinyalah manusia.
Sumber :
https://www.dw.com/id/menciptakan-otak-tiruan-dengan-komputer-super-cerdas/a-36013421
https://www.ark21.com/technology/benarkah-machine-learning-mampu-menggantikan-peran-manusia-di-bumi/
https://slideplayer.info/slide/12509188/



Comments

Popular posts from this blog

Flowchart Sistem Pakar

Analisa Teknologi Insfrastrukstur Bank BNI

pretest_vc11_3KA10_1B118709_M.Faisal Daulay