Analisa Teknologi Insfrastrukstur Bank BNI

Baak.gunadarma.ac.id
Studentsite.gunadarma.ac.id

Tugas          : Soft Skill
Matkul        : Manaj. Layanan Sistem Informasi #

Kelompok (kelas 2KA07) : 
1. Zelin Gaa Ngilo        (16117400)
2. Della Damarina         (16117483)
3. Onis Arom P.             (14117667)
4. M.Faisal Daulay        (1B118709)
5. Rafly Aulia Erlangga (14117876)

Analisa Teknologi Insfrastrukstur Bank BNI

Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). Pada artikel ini akan membahas Information Technology Infrastructure Library tentang PT Bank BNI. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau biasa dikenal dengan BNI merupakan salah satu penyedia jasa perbankan terkemuka di Indonesia. BNI pertama kali didirikan pada tanggal 5 Juli 1946 sebagai bank pertama yang dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia secara resmi. BNI diberikan hak sebagai bank devisa selain berperan sebagai bank pembangunan dengan memiliki akses transaksi langsung ke luar negeri. Status BNI kemudian berubah menjadi bank komersial milik pemerintah dengan penambahan modal yang dilakukan pada tahun 1955.
1. Service strategy
            BNI berupaya untuk menghadirkan pengalaman dan pelayanan yang baik bagi para nasabahnya. Salah satunya diwujudkan dalam layanan customer services yang bisa dihubungi di mana saja selama 24 jam. Layanan yang diberi nama BNI Call akan memberikan berbagai informasi mengenai produk, fasilitas, dan solusi dari masalah perbankan.
            Via telepon, BNI Call dapat dihubungi di nomor 1500046. Nomor tersebut menjangkau seluruh wilayah di Indonesia tanpa perlu menggunakan kode area tertentu. Biaya yang dikenakan sama dengan biaya telepon lokal. Kalau melalui telepon seluler, BNI Call bisa dihubungi di nomor 68888 atau 1500046 yang juga dapat diakses dari berbagai wilayah di Indonesia. Tarif yang dikenakan tergantung dari penyedia layanan/provider yang digunakan.  Selain itu, Anda juga bisa mengirim email ke bnicall@bni.co.id serta fax ke 021-25541203
            Selain layanan customer services, berbagai transaksi dan layanan lain, seperti BNI Phone Banking untuk transfer rekening, isi pulsa, bayar tagihan, dan lain-lain, dapat diketahui dari 1500046. Mengusung moto “One Stop Solution”, BNI Call bisa berfungsi lebih dari sekadar sebuah call center. Sebab BNI Call didesain dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas sehingga memungkinkannya bekerja secara end to end.

2. Service Design
            Kondisi yang semakin kompetitif mendorong Bank untuk melakukan inovasi di berbagai layanan dan produk sistem pembayaran sejalan dengan adopsi teknologi informasi di Indonesia. Contoh seperti aplikasi BNI mobile banking ini.
            BNI Mobile Banking adalah fasilitas layanan perbankan yang memudahkan Anda untuk bertransaksi langsung melalui smartphone Anda, secara aman, mudah, dan cepat. BNI Mobile Banking memberikan layanan transaksi informasi saldo, transfer, pembayaran tagihan telepon, pembayaran Kartu Kredit, Pembayaran Tiket Pesawat, Pembelian Pulsa, Pembukaan rekening Taplus, Pembukaan rekening Deposito, dll. Aplikasi BNI Mobile support untuk smartphone dengan OS Android dan iOS. 

3. Service Transition
            Menurut kami Bank BNI sudah cukup baik dalam mengimplementasikan hasil tahapan service design menjadi banyak layanan baru  mengikuti perkembangan zaman. Pada saat Bank BNI berdiri nasabah hanya dapat melakukan transaksi di bank, setelah itu mulai muncul mesin-mesin ATM dan sekarang bisa kita lihat di website bank BNI https://www.bni.co.id/id-id/ bahwa BNI semakin berkembang dengan adanya layanan e-banking seperti : BNI ATM, BNI SMS Banking, BNI Internet Banking, BNI Phone Banking, BNI Mobile Banking, Layanan Gerak, Agen 46, TapCash, BNI Debit Online, UnikQu dan BNI SMS Notifikasi.
            Dengan adanya layanan e-banking ini para nasabah bank BNI semakin terbantu, misalnya dengan BNI mobile banking kita bisa dapat mengecek saldo, transfer, melakukan pembayaran listrik, PDAM, BPJS, top up gopay dll. Sepertinya dalam hal inovasi,perusahaan ini juga berhasil memanjakan nasabah dengan berbagai kemudahan yang disediakan.

4. Service Operation
            BNI terus mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan zaman. Menurut kelompok kami, Service Operation Bank BNI sudah lumayan baik karena mereka menyediakan customer service yang siap melayani 24 jam lewat layanan BNI Call. Ini dapat memudahkan para nasabah dalam mengatasi masalah yang sedang dialaminya. Kita juga bisa langsung ke Bank BNI untuk bertanya daan berkonsultasi langsung dengan Customer Service.
            Dalam penggunaan mobile banking BNI pelanggan sangat dimudahkan karena bisa melakukan transfer dan lainnya Cuma lewat handphone mereka. Sepertinya dalam service operation perusahaan ini juga berhasil memanjakan customer dengan berbagai kemudahan dan kelebihan yang disediakan.

5. Continual Service Improvement
            BNI memperbanyak layanan yang bersifat digital daripada konvensional yang artinya nasabah bisa melakukan transaksi lewat gawai (gadget) yang saat ini sedang digunakan. Untuk keamanan BNI memiliki kepercayaan dengan sistem login yang memiliki 2 tingkat keamanan yaitu password dan PIN secara bersamaan. Kegunaan layanan lainnya yang berada di dalam website BNI yaitu adanya "Lokator BNI" yang bisa digunakan untuk mencari cabang BNI (termasuk Weekend Banking), ATM (Tunai/Non-Tunai, Cash Deposit/Recycle, Drive-Through), Bank Koresponden di mancanegara, dan Agen 46 BNI yang tersedia di seluruh Indonesia. Saat ini, BNI sudah melakukan peluncuran aplikasi yang bernama yap! (Your All Payment!) sebagai alat pembayaran Non-Tunai (cashless) dan tanpa kartu (cardless payment) dengan mengandalkan 3 sumber dana yaitu Kartu Debit, Kartu Kredit dan Uang Elektronik BNI (UnikQu) yang artinya pengguna memiliki pilihan sumber dana yang lebih banyak pada saat bertransaksi.


Sumber :
1. https://www.bni.co.id/id-id/
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Negara_Indonesia

Comments

Popular posts from this blog

Flowchart Sistem Pakar

pretest_vc11_3KA10_1B118709_M.Faisal Daulay