Analisa Teknologi Insfrastrukstur Bank BNI
Baak.gunadarma.ac.id
Studentsite.gunadarma.ac.id
Tugas : Soft Skill
Matkul : Manaj. Layanan Sistem Informasi #
Kelompok (kelas 2KA07) :
1. Zelin Gaa Ngilo (16117400)
2. Della Damarina (16117483)
3. Onis Arom P. (14117667)
4. M.Faisal Daulay (1B118709)
5. Rafly Aulia Erlangga (14117876)
Analisa Teknologi Insfrastrukstur
Bank BNI
Information Technology
Infrastructure Library adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur,
pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). Pada artikel ini akan
membahas Information Technology Infrastructure Library tentang PT Bank BNI. PT
Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau biasa dikenal dengan BNI merupakan
salah satu penyedia jasa perbankan terkemuka di Indonesia. BNI pertama kali
didirikan pada tanggal 5 Juli 1946 sebagai bank pertama yang dimiliki oleh
Pemerintah Republik Indonesia secara resmi. BNI diberikan hak sebagai bank
devisa selain berperan sebagai bank pembangunan dengan memiliki akses transaksi
langsung ke luar negeri. Status BNI kemudian berubah menjadi bank komersial
milik pemerintah dengan penambahan modal yang dilakukan pada tahun 1955.
1. Service strategy
BNI berupaya untuk menghadirkan
pengalaman dan pelayanan yang baik bagi para nasabahnya. Salah satunya
diwujudkan dalam layanan customer
services yang bisa dihubungi di mana saja selama 24 jam. Layanan yang
diberi nama BNI Call akan memberikan berbagai informasi mengenai produk,
fasilitas, dan solusi dari masalah perbankan.
Via telepon, BNI Call dapat dihubungi
di nomor 1500046. Nomor tersebut
menjangkau seluruh wilayah di Indonesia tanpa perlu menggunakan kode area
tertentu. Biaya yang dikenakan sama dengan biaya telepon lokal. Kalau melalui
telepon seluler, BNI Call bisa dihubungi di nomor 68888 atau 1500046 yang
juga dapat diakses dari berbagai wilayah di Indonesia. Tarif yang dikenakan
tergantung dari penyedia layanan/provider
yang digunakan. Selain itu, Anda juga
bisa mengirim email ke bnicall@bni.co.id serta fax ke 021-25541203
Selain layanan customer services, berbagai transaksi dan layanan lain, seperti BNI Phone Banking untuk transfer
rekening, isi pulsa, bayar tagihan, dan lain-lain, dapat diketahui dari 1500046. Mengusung moto “One Stop Solution”, BNI Call bisa berfungsi
lebih dari sekadar sebuah call center. Sebab BNI Call didesain dan dilengkapi
dengan berbagai fasilitas sehingga memungkinkannya bekerja secara end to end.
2. Service Design
Kondisi yang semakin kompetitif
mendorong Bank untuk melakukan inovasi di berbagai layanan dan produk sistem
pembayaran sejalan dengan adopsi teknologi informasi di Indonesia. Contoh
seperti aplikasi BNI mobile banking ini.
BNI Mobile Banking adalah fasilitas
layanan perbankan yang memudahkan Anda untuk bertransaksi langsung melalui
smartphone Anda, secara aman, mudah, dan cepat. BNI Mobile Banking memberikan
layanan transaksi informasi saldo, transfer, pembayaran tagihan telepon,
pembayaran Kartu Kredit, Pembayaran Tiket Pesawat, Pembelian Pulsa, Pembukaan
rekening Taplus, Pembukaan rekening Deposito, dll. Aplikasi BNI Mobile support
untuk smartphone dengan OS Android dan iOS.
3. Service Transition
Menurut kami Bank BNI sudah cukup
baik dalam mengimplementasikan hasil tahapan service design menjadi banyak
layanan baru mengikuti perkembangan
zaman. Pada saat Bank BNI berdiri nasabah hanya dapat melakukan transaksi di
bank, setelah itu mulai muncul mesin-mesin ATM dan sekarang bisa kita lihat di
website bank BNI https://www.bni.co.id/id-id/ bahwa BNI semakin berkembang
dengan adanya layanan e-banking seperti : BNI ATM, BNI SMS Banking, BNI
Internet Banking, BNI Phone Banking, BNI Mobile Banking, Layanan Gerak, Agen
46, TapCash, BNI Debit Online, UnikQu dan BNI SMS Notifikasi.
Dengan adanya layanan e-banking ini
para nasabah bank BNI semakin terbantu, misalnya dengan BNI mobile banking kita
bisa dapat mengecek saldo, transfer, melakukan pembayaran listrik, PDAM, BPJS,
top up gopay dll. Sepertinya dalam hal inovasi,perusahaan ini juga berhasil
memanjakan nasabah dengan berbagai kemudahan yang disediakan.
4. Service Operation
BNI terus mengembangkan diri sesuai
dengan tuntutan zaman. Menurut kelompok kami, Service Operation Bank BNI sudah
lumayan baik karena mereka menyediakan customer service yang siap melayani 24
jam lewat layanan BNI Call. Ini dapat memudahkan para nasabah dalam mengatasi
masalah yang sedang dialaminya. Kita juga bisa langsung ke Bank BNI untuk
bertanya daan berkonsultasi langsung dengan Customer Service.
Dalam penggunaan mobile banking BNI
pelanggan sangat dimudahkan karena bisa melakukan transfer dan lainnya Cuma
lewat handphone mereka. Sepertinya dalam service operation perusahaan ini juga
berhasil memanjakan customer dengan berbagai kemudahan dan kelebihan yang
disediakan.
5. Continual Service Improvement
BNI memperbanyak layanan yang
bersifat digital daripada konvensional yang artinya nasabah bisa melakukan
transaksi lewat gawai (gadget) yang saat ini sedang digunakan. Untuk keamanan
BNI memiliki kepercayaan dengan sistem login yang memiliki 2 tingkat keamanan
yaitu password dan PIN secara bersamaan. Kegunaan layanan lainnya yang berada
di dalam website BNI yaitu adanya "Lokator BNI" yang bisa digunakan
untuk mencari cabang BNI (termasuk Weekend Banking), ATM (Tunai/Non-Tunai, Cash
Deposit/Recycle, Drive-Through), Bank Koresponden di mancanegara, dan Agen 46
BNI yang tersedia di seluruh Indonesia. Saat ini, BNI sudah melakukan peluncuran
aplikasi yang bernama yap! (Your All Payment!) sebagai alat pembayaran
Non-Tunai (cashless) dan tanpa kartu (cardless payment) dengan mengandalkan 3
sumber dana yaitu Kartu Debit, Kartu Kredit dan Uang Elektronik BNI (UnikQu)
yang artinya pengguna memiliki pilihan sumber dana yang lebih banyak pada saat
bertransaksi.
Sumber :
1. https://www.bni.co.id/id-id/
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Negara_Indonesia
Comments
Post a Comment