Tugas Soft Skill (Inovasi SI & New Technology ke -1)


Baak.gunadarma.ac.id
Studentsite.gunadarma.ac.id

Tugas          : Soft Skill
Matkul        : Inovasi SI & New Technology #


SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI
            Saat ini, Kita hidup di era informasi yang di mana ekonomi masyarakat kita sangat tergantung pada informasi produksi dan konsumsi. Ketika warga Amerika Serikat masih merupakan masyarakat pertanian, hanya sekitar 10 persen penduduk yang dipekerjakan dalam bidang  informasi. Titik di mana pekerjaan informasi dimulai untuk mendominasi angkatan kerja. Transisi ini terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1960, tetapi hanya sedikit negara yang telah melakukan transisi sejauh ini pada saat itu. Hari ini, proporsi informasi pekerja telah mencapai titik tertinggi di sekitar setengah tenaga kerja.
            Evolusi media dalam masyarakat informasi dapat ditandai dengan poin di mana berbagai media pertama kali menggunakan teknologi digital dan titik di mana mereka menjadi saluran produksi dan distribusi digital yang lengkap, Beberapa perubahan ini mendahului penemuan komputer pribadi di Windows 1975 dan munculnya World Wide Web pada tahun 1991.
            Telepon. Media komunikasi konsumen pertama yang didigitalkan, dimulai pada tahun 1962 dengan peralatan digital jauh di dalam Jaringan AT & T. Hari ini, percakapan telepon diubah menjadi bentuk digital di ponsel Anda dan melakukan perjalanan sebagai data komputer di seluruh telepon jaringan.

PEGABUNGAN TEKNOLOGI
            Tidak banyak bentuk komunikasi analog murni yang masih umum digunakan hari ini. Kami masih mengalami komunikasi analog murni ketika kita berada di sebuah ruangan dengan orang lain mendengarkan apa yang mereka katakan dan melihat ekspresi wajah mereka. Catatan tulisan tangan adalah contoh lain, tetapi hanya untuk mereka yang tidak teks atau Twitter. Dalam rentang waktu yang singkat teknologi telah menjauhkan kita dari komunikasi analog dan ke era digital di mana hampir semua bentuk lainnya komunikasi baik dibuat, disimpan, atau ditransmisikan dalam bentuk digital.

            Domain digital sekarang mencakup hampir semua radio, televisi, film, surat kabar, majalah, dan buku dengan daftar pengecualian yang terus-menerus. Radio Lokal adalah satu-satunya media analog murni yang tersisa — local stasiun radio musik masih mengirimkan sinyal analog tetapi mereka memainkan musik itu disimpan dalam rekaman digital. Untuk mengejar ketinggalan dari "media lama" menanggapi dengan inovasi digital mereka sendiri. Industri musik semakin meningkat bergantung pada distribusi digital melalui iTunes dan layanan musik digital lainnya setelah menghadapi kehancuran dari unduhan Internet yang bebas-tetapi-ilegal. Sekarang menarik bentuk media digital baru telah muncul, mulai dari video game hingga social jaringan ke SMS.


MEDIA DALAM MENGUBAH DUNIA

            Bentuk media konvensional menggabungkan dengan yang baru dengan cara yang mengubah pola konsumsi media kami, lifestyle, dan masyarakat tempat kita hidup. Siapapun yang memilikinya pernah menggunakan ponsel untuk mengunduh e-mail, memilih sebuah Kontestan American Idol, melihat klip video, atau mendengarkan lagu yang telah mengalami penggabungan massa konvensional media menjadi bentuk media baru melalui kemajuan dalam digital teknologi dan jaringan telekomunikasi. Media yang baru berdampak pada budaya kita dengan menawarkan gaya hidup baru, menciptakan pekerjaan baru dan menggeser ke era media, menuntut peraturan baru, dan menghadirkan keunikan masalah sosial baru.
Namun, perubahan itu tidak sepenuhnya digerakkan oleh teknologi. Kreativitas pribadi dan budaya kita saling mendukung teknologi dan perusahaan yang menerapkannya mendefinisikan ulang penggunaannya. Perusahaan media besar sekarang berpendapat dengan jurnalis warga, jaringan Facebook, band garasi, dan produser video amatir di Internet. Sementara itu, perjanjian perdagangan dunia dan kekuatan jaringan digital global Lembaga media Amerika seperti CNN untuk bersaing dengan British Broadcasting Corporation (BBC) dan Timur Tengah sumber berita seperti Al Jazeera.



MODEL SMCR

Sumber-Pesan-Channel-Receiver (SMCR) model komunikasi massa menggambarkan pertukaran informasi sebagai pesan lewat dari sumber ke saluran ke penerima, dengan umpan balik ke sumbernya. Model ini dapat diterapkan ke semua bentuk komunikasi manusia, tetapi di sini kami hanya akan mengilustrasikannya dengan contoh komunikasi massa, yaitu televise melihat Menurut model Schramm, kapan pun Anda berada di rumah menonton program televisi, jaringan televisi (perusahaan sumber) berasal pesan, yang dikodekan oleh mikrofon dan televise kamera di studio televisi. Salurannya tidak secara harfiah nomornya pada tombol televisi yang Anda tune, tetapi seluruh rangkaian pemancar, sambungan satelit, dan peralatan televisi kabel yang diperlukan untuk menyampaikan pesan ke rumah Anda. Meskipun kadang-kadang kita menyebut TV menetapkan "receiver," itu benar-benar decoder, dan penampil adalah penerima. Umpan balik dari pemirsa adalah melalui layanan rating televisi. Gangguan elektronik dengan siaran dan gangguan anjing menggonggong tetangga adalah kemungkinan komponen kebisingan dalam situasi ini. Dalam pandangan klasik ini, komunikasi massa adalah komunikasi satu-ke-banyak, dan media massa adalah berbagai saluran melalui komunikasi massa dikirimkan; yaitu melalui surat kabar, radio, TV, atau film, pesan tersebut dikomunikasikan dari satu sumber ke banyak penerima pada waktu yang sama, dengan peluang terbatas bagi audiens untuk berkomunikasi kembali ke sumbernya.



JENIS KOMUNIKASI
            Komunikasi hanyalah pertukaran makna. Ini jelas termasuk berbicara dengan teman-teman Anda, membaca koran, menonton televisi, dan menjelajahi Internet. Contoh kurang jelas komunikasi mungkin termasuk desain grafis pada T-shirt, tawa, atau mengedipkan mata. Dan, makna yang dipertukarkan tidak harus mendalam: sebuah soneta oleh Shakespeare dan sebuah ayat tergores di dinding kamar mandi keduanya memenuhi syarat sebagai komunikasi. Dengan kondisi model SMCR, pertukarannya adalah antara sumber pesan dan penerima. Komunikasi massa adalah yang utama fokus buku ini tetapi hanya satu kemungkinan mode komunikasi. Ciri khas lain dari pendekatan klasik adalah mengklasifikasikan komunikasi menurut jumlah orang berkomunikasi dan memeriksa proses yang unik untuk setiap mode. Kategori dasar termasuk intrapersonal, , kelompok kecil, dan kelompok besar, serta komunikasi massa,. Di dalam figure, jumlah orang yang terlibat tumbuh dari atas ke bawah dengan lebar piramida dengan bentuk komunikasi massa di bagian bawah. Sekarang kita juga dapat membedakan antara analog (di sebelah kiri) dan bentuk komunikasi digital (di sebelah kanan) di setiap kategori. Ketika kita bergerak dari atas ke bawah kita bergerak antara jenis komunikasi, dari intrapersonal ke interpersonal, kecil kelompok, kelompok besar, dan komunikasi massa. Contoh dari setiap jenis ditemuka di lapisan piramida yang sesuai, satu untuk analog dan satu untuk digital:
            Komunikasi intrapersonal adalah pertukaran informasi yang kita miliki diri kita sendiri, seperti ketika kita berpikir atas langkah selanjutnya dalam permainan video atau bernyanyi untuk diri kita sendiri di kamar mandi. Mengetik daftar yang harus dilakukan ke komputer atau smartphone adalah komunikasi intrapersonal yang dimediasi secara elektronik. Komunikasi interpersonal mencakup pertukaran di mana dua atau lebih orang mengambil bagian, tetapi istilah ini biasanya disediakan untuk situasi di mana hanya dua orang yang berkomunikasi. Terkadang kita menyebut itu satu-ke-satu komunikasi. Memiliki percakapan tatap muka sambil makan siang dan menulis kartu pos ke teman adalah contoh sehari-hari. Ketika komunikasi antarpribadi dimediasi secara elektronik, seperti dalam percakapan telepon, istilah komunikasi point-to-point terkadang digunakan.

            Komunikasi kelompok adalah situasi di mana tiga atau lebih orang berkomunikasi satu sama lain. Tidak semua komunikasi yang terjadi dalam pengaturan grup disertakan, namun. Ketika pasangan siswa berbicara dengan masing-masing lain di ruang kelas sebelum dimulainya kuliah, misalnya, mereka terlibat dalam komunikasi interpersonal. Komunikasi kelompok kecil biasanya melibatkan kurang dari selusin orang, memanjang komunikasi interpersonal ke dalam situasi di mana dinamika kelompok menjadi penting. Misalnya, ketika siswa bersama-sama “menguji” ujian, interaksinya cenderung mengikuti salah satu dari beberapa pola terkenal interaksi kelompok kecil saat mereka mendefinisikan rencana studi. Misalnya, satu orang dalam kelompok dapat mendominasi. Atau, mereka mungkin bergantian berbicara dan membiarkan semua orang memiliki suara mereka; kita dapat menyebutnya komunikasi banyak-ke-banyak. Komunikasi kelompok besar melibatkan di mana saja dari selusin hingga beberapa ratus peserta, dan situasi komunikasi membatasi keterlibatan aktif hanya untuk beberapa pihak. Namun, komunikasi kelompok besar masih melibatkan umpan balik langsung dari penerima pesan, yang tidak terjadi dengan komunikasi massa. Contoh kelompok besar komunikasi adalah kuliah, konser, dan pertunjukan teater langsung. Banyak situasi komunikasi tidak cocok dengan kategori ini. Apakah acara talk-radio, di mana penonton memberikan komunikasi instan kembali ke sumber — dan bahkan, dalam arti tertentu, menjadi sumber diri mereka sendiri — bentuk-bentuk media massa yang masih benar? Bagaimana dengan TVmenunjukkan seperti American Idol yang mengundang pemirsa untuk mengarahkan konten? Kita mungkin bisa menyebutnya komunikasi banyak-ke-satu. Media sosial, seperti Facebook, MySpace, dan Twitter, bisa disebut komunikasi banyak-ke-banyak, karena penonton anggota juga merupakan sumber konten. Juga, jumlah peserta tidak selalu dapat diandalkan indikator jenis komunikasi yang terlibat. Kuliah kuliah dikirim pada hari terakhir sebelum liburan musim semi menjadi hanya enam siswa masih akan menjadi komunikasi kelompok besar (karena dari gaya presentasi), meskipun penonton adalah seorang kelompok kecil. Jadi, baik sifat pengaturan komunikasi dan ukuran pengumpulan harus dipertimbangkan. klasifikasi komunikasi lainnya mencerminkan pengaturan untuk komunikasi atau sifat komunikasi proses. Komunikasi organisasi berlangsung secara formal organisasi terstruktur, menjangkau seluruh spectrum jenis komunikasi yang diklasifikasikan berdasarkan ukuran, dan terpengaruh oleh posisi dan fungsi seseorang dalam organisasi.


PRIMER MEDIA DIGITAL

            Teknologi komunikasi digital mengubah suara, gambar, dan teks menjadi format yang dapat dibaca komputer dengan mengubah informasi menjadi string biner digit (bit) yang terdiri dari 1s dan 0 yang disandikan secara elektronik (lihat Teknologi Demystifi ed: A Digital Media Primer, di atas). Orang-orang menggunakan telepon hari ini masih mendengar suara fonetik "W" seperti yang dilakukan orang-orang seratus tahun yang lalu, tetapi hanya setelah telepon mengubah suara analog ke pulsa digital dan kemudian berubah kembali terdengar untuk penerimaan oleh manusia (Lihat Gambar Converting Analog to Digital). Komputer mengenali a "W" dalam bit kode 1010111 saat Anda menekan tombol W pada keyboard. Kualitas informasi digital yang sangat bermanfaat adalah banyak sumber yang berbeda dapat dikombinasikan dalam media transmisi tunggal sehingga jalur komunikasi yang sebelumnya berbeda, seperti telepon dan televisi, dapat diintegrasikan dalam media digital umum, seperti internet atau DVD.



MENGUBAH INDUSTRI

            Tren konvergensi terus mendorong transformasi konvensional media ke bentuk digital baru
meskipun ada kekuatan di baliknya Tren ini sedang berubah. Pada 1990-an, perusahaan media konvensional mencoba mendominasi media yang baru. Televisi kabel dan raksasa penerbitan Time-Warner bergabung dengan America Online, maka penyedia Internet terbesar. Korporasi Berita, pemilik Jaringan Fox, membeli MySpace.com. Saingan konglomerat media lama Disney Corporation, National Amusements (pemilik kabel Viacom jaringan dan CBS Television), dan NBC Universal (anak perusahaan General Electric) juga memposisikan diri untuk membuat, mendistribusikan, dan memamerkan konten di Internet, cetak, radio, rekaman musik, televisi, dan film.
               Namun, beberapa dari kombinasi ini terbukti berhasil dan konglomerat media terlepas. AOL Time Warner kembali memanggil dirinya sendiri Time Warner dan kemudian memisahkan sistem kabelnya dari operasi medianya dan memutar AOL. Perusahaan media baru mengambil inisiatif dari tua. Apple menjadikan dirinya sendiri sebagai pemain paling kuat dalam rekaman music industri dengan iTunes, mengguncang industri telepon dengan iPhone, dan mengguncang media cetak dengan iPad. Google muncul sebagai iklan terbesar sedang, dan perekam video digital TiVo mengirimkan getaran melalui Industri TV.

            Menyusul krisis ekonomi yang dimulai pada 2007, transaksi media yang sarat utang gagal karena pinjaman datang karena dan pembiayaannya mengering. Pendapatan iklan dan saham media merosot diikuti oleh jatuhnya permintaan untuk produk-produk konsumen. Tidak ada industri yang dipukul lebih keras daripada surat kabar. Jumlah dua koran kota-kota menyusut dan kertas harian lainnya mengurangi jumlah hari mereka membuat pengiriman rumah atau menjadi publikasi online secara eksklusif. Piagam Komunikasi, perusahaan kabel terbesar keempat di Amerika Serikat, Mereka memimpin kebangkrutan, begitu juga kelompok kepemilikan radio terbesar kedua, Citadel Penyiaran. Miliarder Sumner Redstone, pemilik CBS Television dan Viacom, terpaksa menjual video game pembuat Midway Games dengan kerugian besar untuk membantu menyelamatkan diri dari utang. Kabel raksasa televisi Comcast Cablevision tersentak NBC Universal sebagai pendapatan dari televisi NBC jaringan anjlok.


MENGUBAH GAYA HIDUP
            Ketika media baru memasuki kehidupan kita, media pola konsumsi berevolusi. 4/5 pengguna internet sekarang menonton video online dalam sebulan, rata-rata sekitar 10 jam menonton setiap bulan (comScore,2009). Tiga perempat Internet pengguna mengunjungi internet untuk politik tujuan selama pemilihan 2008(Pew Research Center, 2009). Puncak video game seperti "Call of Duty" buat uang sebanyak film top seperti Manusia Besi 2.Perubahan gaya hidup di kalangan populasi usia kuliah membuat media eksekutif memperhatikan: dewasa muda tidak lagi mudah dijangkau oleh konvensional media massa. Mereka membelanjakan begitu banyak waktu menyulap iPod mereka, ponsel, dan video game (sering secara bersamaan) dan berpartisipasi dalam komunitas online seperti Facebook bahwa hanya ada sedikit waktu atau minat berangkat ke surat kabar atau televisi. Itu sebabnya media lama menjalankan situs web pertahankan minat pada Survivor, buat "buzz" untuk film baru, atau tambahkan diskusi langsung forum untuk dicetak cerita. Itu juga mengapa media dan pengiklan terlihat untuk cara-cara baru untuk merebut kembali pemirsa dewasa muda, seperti membuat TV menunjukkan tersedia secara online dan memasukkan iklan ke dalam video game.


PERUBAHAN MEDIA DALAM SEJARAH

            Meskipun perubahan di media, dan perubahan dalam masyarakat yang menyertai mereka, kadang-kadang tampak sangat baru dan berbeda, media dan masyarakat selalu beradaptasi satu sama lain. Di bagian ini kita akan mempelajari bagaimana caranya peran media telah berkembang ketika masyarakat berkembang — dan sebaliknya — dari fajar peradaban manusia) melalui pertanian, industri, dan masyarakat informasi (Bell, 1973; Dizard, 1997; Sloan, 2005).




MASYARAKAT PREAGRICULTURAL

            Sebelum masyarakat pertanian berkembang, kebanyakan orang hidup dalam kelompok kecil sebagai pemburu hewan dan pengumpul tumbuhan. Budaya-budaya ini tergantung pada kata yang diucapkan untuk mengirimkan ide di antara mereka sendiri dan antar generasi. Dukun dan pendongeng menyebarkan berita. Tradisi lisan sangat luar biasa yang kaya, membawa kepada kami Homer Iliad dan Odyssey serta kisah-kisah epik, cerita-cerita rakyat, nyanyian ritual, dan lagu-lagu dari banyak budaya lain. Karya-karya ini berasal dalam bentuk-bentuk lisan hidup hari ini di dongeng dan cerita-cerita campfi yang kita beri tahu anak-anak kita.



MASYARAKAT PERTANIAN
            Begitu masyarakat pertanian berkembang, sebagian besar pekerjaan ditemukan di ladang atau di sumber daya ekstraksi, seperti penambangan, penebangan, dan penebangan. Masyarakat pertanian lebih stabil dan lebih kompleks daripada masyarakat pra-pertanian. Itu adalah budaya Sumeria kuno, yang terletak di Irak modern, yang biasanya dikreditkan dengan mengembangkan tulisan pada 3100 SM. Metode penulisan Yunani-Romawi berkembang menjadi alfabet masa kini. Dalam peradaban awal, keaksaraan hanya umum di kalangan imam dan kalangan atas kelas. Dalam beberapa budaya keaksaraan sengaja dibatasi, karena kelas penguasa ingin menjaga massa tidak tahu apa-apa dan jauh dari ide-ide baru. Reproduksi karya cetak sangat melelahkan. Para biarawan Kristen menyalin buku-buku dengan tangan. Orang Cina mengembangkan percetakan dengan pers yang menggunakan kayu berukir blok, kertas, dan tinta. Dengan sebagian besar penduduk masih buta huruf, kurir terampil untuk menghafal pesan lisan panjang adalah spesialis komunikasi yang berharga.


MASYARAKAT INDUSTRI
            Meskipun awal Revolusi Industri sering tanggal untuk berkorespondensi dengan penemuan Thomas Newcomen tentang mesin uap pada 1712, yang penting cikal bakal industrialisme ditemukan di bidang komunikasi: pencetakan Alkitab Gutenberg Jerman pada 1455. Johannes Gutenberg adalah yang pertama gunakan jenis logam bergerak — huruf-huruf individual bukannya pelat laman lengkap—yang bisa digunakan lagi dalam berbagai hal kombinasi. Akhirnya, ribuan salinan identik dari karya cetak bisa dicetak relatif murah. Dicetak salinan Alkitab dan agama lainnya bekerja, termasuk salinan di asli bahasa berbagai Eropa Barat budaya, berperan dalam penyebaran Reformasi Protestan atas Abad ke-16, yang pada gilirannya memacu difusi lebih lanjut dari keaksaraan. Produksi massal dan penyebarannya keaksaraan ke kelas-kelas masyarakat baru membantu membuat permintaan untuk dicetak sporadic lembar berita yang akhirnya berkembang menjadi surat kabar. Pada 1690 Benjamin Harris menerbitkan surat kabar pertama di Amerika, Kemunculan Publick, Keduanya Luar Negeri dan Domestick, meskipun kolonial Inggris pihak berwenang segera menutupnya karena dicetak tanpa mereka izin. Empat belas tahun kemudian, John Campbell mencetak orang Amerika pertama yang layak surat kabar, Boston News-Letter. Dalam arti, Revolusi Industri metode Gutenberg diperpanjang ke pembuatan bukan hanya kertas koran, tapi hampir semua jenis barang. Industri produksi (dan upah yang lebih tinggi) dipusatkan di kota-kota besar, memicu massa migrasi dari daerah pedesaan ke kota dan dari pekerjaan pertanian hingga manufaktur. Menumbuhkan populasi perkotaan dengan uang untuk dibelanjakan pada barang-barang manufaktur menyediakan audiensi siap sebagai surat kabar diperluas untuk menjadi iklan pertama didukung media massa komunikasi.

            Pada 1910, Amerika Serikat telah menjadi masyarakat industri: Manufaktur telah melampaui pertanian bekerja untuk pertama kalinya. Industrialisasi juga mendorong penyebaran keaksaraan untuk mengatasi pekerjaan yang lebih kompleks persyaratan dan tuntutan kehidupan perkotaan. Segera, metode industri produksi massal diterapkan untuk mempercepat proses pencetakan surat kabar dan majalah dan untuk menciptakan komunikasi bar teknologi untuk populasi perkotaan. Film, radio, dan televisi, serta surat kabar dan majalah, adalah media karakteristik masyarakat industri.


Sumber : eBook - MediaNow

Comments

Popular posts from this blog

Flowchart Sistem Pakar

Analisa Teknologi Insfrastrukstur Bank BNI

pretest_vc11_3KA10_1B118709_M.Faisal Daulay