Tugas Soft Skill (Inovasi SI & New Technology ke -1)
Baak.gunadarma.ac.id
Studentsite.gunadarma.ac.id
Tugas :
Soft Skill
Matkul :
Inovasi SI & New Technology #
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI
Saat ini, Kita hidup di era
informasi yang di mana ekonomi masyarakat kita sangat tergantung pada informasi
produksi dan konsumsi. Ketika warga Amerika Serikat masih merupakan masyarakat
pertanian, hanya sekitar 10 persen penduduk yang dipekerjakan dalam bidang informasi. Titik di mana pekerjaan informasi dimulai untuk mendominasi
angkatan kerja. Transisi ini terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1960, tetapi
hanya sedikit negara yang telah melakukan transisi sejauh ini pada saat itu.
Hari ini, proporsi informasi pekerja telah mencapai titik tertinggi di sekitar
setengah tenaga kerja.
Evolusi media dalam masyarakat informasi
dapat ditandai dengan poin di mana berbagai media pertama kali menggunakan teknologi
digital dan titik di mana mereka menjadi saluran produksi dan distribusi
digital yang lengkap, Beberapa perubahan ini mendahului penemuan komputer
pribadi di Windows 1975 dan munculnya World Wide Web pada tahun 1991.
Telepon. Media komunikasi konsumen
pertama yang didigitalkan, dimulai pada tahun 1962 dengan peralatan digital jauh
di dalam Jaringan AT & T. Hari ini, percakapan telepon diubah menjadi
bentuk digital di ponsel Anda dan melakukan perjalanan sebagai data komputer di
seluruh telepon jaringan.
PEGABUNGAN TEKNOLOGI
Tidak banyak bentuk komunikasi
analog murni yang masih umum digunakan hari ini. Kami masih mengalami
komunikasi analog murni ketika kita berada di sebuah ruangan dengan orang lain
mendengarkan apa yang mereka katakan dan melihat ekspresi wajah mereka. Catatan
tulisan tangan adalah contoh lain, tetapi hanya untuk mereka yang tidak teks
atau Twitter. Dalam rentang waktu yang singkat teknologi telah menjauhkan kita
dari komunikasi analog dan ke era digital di mana hampir semua bentuk lainnya komunikasi
baik dibuat, disimpan, atau ditransmisikan dalam bentuk digital.
Domain digital sekarang mencakup
hampir semua radio, televisi, film, surat kabar, majalah, dan buku dengan
daftar pengecualian yang terus-menerus. Radio Lokal adalah satu-satunya media
analog murni yang tersisa — local stasiun radio musik masih mengirimkan sinyal
analog tetapi mereka memainkan musik itu disimpan dalam rekaman digital. Untuk
mengejar ketinggalan dari "media lama" menanggapi dengan inovasi
digital mereka sendiri. Industri musik semakin meningkat bergantung pada
distribusi digital melalui iTunes dan layanan musik digital lainnya setelah
menghadapi kehancuran dari unduhan Internet yang bebas-tetapi-ilegal. Sekarang
menarik bentuk media digital baru telah muncul, mulai dari video game hingga social
jaringan ke SMS.
MEDIA
DALAM MENGUBAH DUNIA
Bentuk media konvensional
menggabungkan dengan yang baru dengan cara yang mengubah pola konsumsi media
kami, lifestyle, dan masyarakat tempat kita hidup. Siapapun yang memilikinya pernah
menggunakan ponsel untuk mengunduh e-mail, memilih sebuah Kontestan American
Idol, melihat klip video, atau mendengarkan lagu yang telah mengalami penggabungan
massa konvensional media menjadi bentuk media baru melalui kemajuan dalam
digital teknologi dan jaringan telekomunikasi. Media yang baru berdampak pada
budaya kita dengan menawarkan gaya hidup baru, menciptakan pekerjaan baru dan menggeser
ke era media, menuntut peraturan baru, dan menghadirkan keunikan masalah sosial
baru.
Namun,
perubahan itu tidak sepenuhnya digerakkan oleh teknologi. Kreativitas pribadi dan
budaya kita saling mendukung teknologi dan perusahaan yang menerapkannya mendefinisikan
ulang penggunaannya. Perusahaan media besar sekarang berpendapat dengan
jurnalis warga, jaringan Facebook, band garasi, dan produser video amatir di
Internet. Sementara itu, perjanjian perdagangan dunia dan kekuatan jaringan
digital global Lembaga media Amerika seperti CNN untuk bersaing dengan British
Broadcasting Corporation (BBC) dan Timur Tengah sumber berita seperti Al
Jazeera.
MODEL
SMCR
Sumber-Pesan-Channel-Receiver
(SMCR) model komunikasi massa menggambarkan pertukaran informasi sebagai pesan
lewat dari sumber ke saluran ke penerima, dengan umpan balik ke sumbernya. Model
ini dapat diterapkan ke semua bentuk komunikasi manusia, tetapi di sini kami
hanya akan mengilustrasikannya dengan contoh komunikasi massa, yaitu televise melihat
Menurut model Schramm, kapan pun Anda berada di rumah menonton program televisi,
jaringan televisi (perusahaan sumber) berasal pesan, yang dikodekan oleh
mikrofon dan televise kamera di studio televisi. Salurannya tidak secara
harfiah nomornya pada tombol televisi yang Anda tune, tetapi seluruh rangkaian pemancar,
sambungan satelit, dan peralatan televisi kabel yang diperlukan untuk
menyampaikan pesan ke rumah Anda. Meskipun kadang-kadang kita menyebut TV
menetapkan "receiver," itu benar-benar decoder, dan penampil adalah
penerima. Umpan balik dari pemirsa adalah melalui layanan rating televisi.
Gangguan elektronik dengan siaran dan gangguan anjing menggonggong tetangga
adalah kemungkinan komponen kebisingan dalam situasi ini. Dalam pandangan
klasik ini, komunikasi massa adalah komunikasi satu-ke-banyak, dan media massa
adalah berbagai saluran melalui komunikasi massa dikirimkan; yaitu melalui
surat kabar, radio, TV, atau film, pesan tersebut dikomunikasikan dari satu
sumber ke banyak penerima pada waktu yang sama, dengan peluang terbatas bagi
audiens untuk berkomunikasi kembali ke sumbernya.
JENIS
KOMUNIKASI
Komunikasi hanyalah pertukaran
makna. Ini jelas termasuk berbicara dengan teman-teman Anda, membaca koran, menonton
televisi, dan menjelajahi Internet. Contoh kurang jelas komunikasi mungkin
termasuk desain grafis pada T-shirt, tawa, atau mengedipkan mata. Dan, makna
yang dipertukarkan tidak harus mendalam: sebuah soneta oleh Shakespeare dan
sebuah ayat tergores di dinding kamar mandi keduanya memenuhi syarat sebagai
komunikasi. Dengan kondisi model SMCR, pertukarannya adalah antara sumber pesan
dan penerima. Komunikasi massa adalah yang utama fokus buku ini tetapi hanya
satu kemungkinan mode komunikasi. Ciri khas lain dari pendekatan klasik adalah
mengklasifikasikan komunikasi menurut jumlah orang berkomunikasi dan memeriksa
proses yang unik untuk setiap mode. Kategori dasar termasuk intrapersonal, ,
kelompok kecil, dan kelompok besar, serta komunikasi massa,. Di dalam figure,
jumlah orang yang terlibat tumbuh dari atas ke bawah dengan lebar piramida
dengan bentuk komunikasi massa di bagian bawah. Sekarang kita juga dapat
membedakan antara analog (di sebelah kiri) dan bentuk komunikasi digital (di
sebelah kanan) di setiap kategori. Ketika kita bergerak dari atas ke bawah kita
bergerak antara jenis komunikasi, dari intrapersonal ke interpersonal, kecil kelompok,
kelompok besar, dan komunikasi massa. Contoh dari setiap jenis ditemuka di
lapisan piramida yang sesuai, satu untuk analog dan satu untuk digital:
Komunikasi intrapersonal adalah
pertukaran informasi yang kita miliki diri kita sendiri, seperti ketika kita
berpikir atas langkah selanjutnya dalam permainan video atau bernyanyi untuk
diri kita sendiri di kamar mandi. Mengetik daftar yang harus dilakukan ke
komputer atau smartphone adalah komunikasi intrapersonal yang dimediasi secara
elektronik. Komunikasi interpersonal mencakup pertukaran di mana dua atau lebih
orang mengambil bagian, tetapi istilah ini biasanya disediakan untuk situasi di
mana hanya dua orang yang berkomunikasi. Terkadang kita menyebut itu
satu-ke-satu komunikasi. Memiliki percakapan tatap muka sambil makan siang dan menulis
kartu pos ke teman adalah contoh sehari-hari. Ketika komunikasi antarpribadi dimediasi
secara elektronik, seperti dalam percakapan telepon, istilah komunikasi
point-to-point terkadang digunakan.
Komunikasi kelompok adalah situasi
di mana tiga atau lebih orang berkomunikasi satu sama lain. Tidak semua
komunikasi yang terjadi dalam pengaturan grup disertakan, namun. Ketika
pasangan siswa berbicara dengan masing-masing lain di ruang kelas sebelum
dimulainya kuliah, misalnya, mereka terlibat dalam komunikasi interpersonal. Komunikasi kelompok kecil biasanya melibatkan kurang dari
selusin orang, memanjang komunikasi interpersonal ke dalam situasi di mana
dinamika kelompok menjadi penting. Misalnya, ketika siswa bersama-sama
“menguji” ujian, interaksinya cenderung mengikuti salah satu dari beberapa pola
terkenal interaksi kelompok kecil saat mereka mendefinisikan rencana studi.
Misalnya, satu orang dalam kelompok dapat mendominasi. Atau, mereka mungkin
bergantian berbicara dan membiarkan semua orang memiliki suara mereka; kita
dapat menyebutnya komunikasi banyak-ke-banyak. Komunikasi kelompok besar
melibatkan di mana saja dari selusin hingga beberapa ratus peserta, dan situasi
komunikasi membatasi keterlibatan aktif hanya untuk beberapa pihak. Namun,
komunikasi kelompok besar masih melibatkan umpan balik langsung dari penerima
pesan, yang tidak terjadi dengan komunikasi massa. Contoh kelompok besar komunikasi
adalah kuliah, konser, dan pertunjukan teater langsung. Banyak situasi
komunikasi tidak cocok dengan kategori ini. Apakah acara talk-radio, di mana
penonton memberikan komunikasi instan kembali ke sumber — dan bahkan, dalam
arti tertentu, menjadi sumber diri mereka sendiri — bentuk-bentuk media massa
yang masih benar? Bagaimana dengan TVmenunjukkan seperti American Idol yang
mengundang pemirsa untuk mengarahkan konten? Kita mungkin bisa menyebutnya
komunikasi banyak-ke-satu. Media sosial, seperti Facebook, MySpace, dan
Twitter, bisa disebut komunikasi banyak-ke-banyak, karena penonton anggota juga
merupakan sumber konten. Juga, jumlah peserta tidak selalu dapat diandalkan indikator
jenis komunikasi yang terlibat. Kuliah kuliah dikirim pada hari terakhir
sebelum liburan musim semi menjadi hanya enam siswa masih akan menjadi komunikasi
kelompok besar (karena dari gaya presentasi), meskipun penonton adalah seorang kelompok
kecil. Jadi, baik sifat pengaturan komunikasi dan ukuran pengumpulan harus
dipertimbangkan. klasifikasi komunikasi lainnya mencerminkan pengaturan untuk komunikasi
atau sifat komunikasi proses. Komunikasi organisasi berlangsung secara formal organisasi
terstruktur, menjangkau seluruh spectrum jenis komunikasi yang diklasifikasikan
berdasarkan ukuran, dan terpengaruh oleh posisi dan fungsi seseorang dalam
organisasi.
PRIMER
MEDIA DIGITAL
Teknologi komunikasi digital
mengubah suara, gambar, dan teks menjadi format yang dapat dibaca komputer
dengan mengubah informasi menjadi string biner digit (bit) yang terdiri dari 1s
dan 0 yang disandikan secara elektronik (lihat Teknologi Demystifi ed: A
Digital Media Primer, di atas). Orang-orang menggunakan telepon hari ini masih mendengar
suara fonetik "W" seperti yang dilakukan orang-orang seratus tahun
yang lalu, tetapi hanya setelah telepon mengubah suara analog ke pulsa digital
dan kemudian berubah kembali terdengar untuk penerimaan oleh manusia (Lihat
Gambar Converting Analog to Digital). Komputer mengenali a "W" dalam
bit kode 1010111 saat Anda menekan tombol W pada keyboard. Kualitas informasi
digital yang sangat bermanfaat adalah banyak sumber yang berbeda dapat
dikombinasikan dalam media transmisi tunggal sehingga jalur komunikasi yang
sebelumnya berbeda, seperti telepon dan televisi, dapat diintegrasikan dalam media
digital umum, seperti internet atau DVD.
MENGUBAH
INDUSTRI
Tren konvergensi terus mendorong
transformasi konvensional media ke bentuk digital baru
meskipun
ada kekuatan di baliknya Tren ini sedang berubah. Pada 1990-an, perusahaan
media konvensional mencoba mendominasi media yang baru. Televisi kabel dan
raksasa penerbitan Time-Warner bergabung dengan America Online, maka penyedia
Internet terbesar. Korporasi Berita, pemilik Jaringan Fox, membeli MySpace.com.
Saingan konglomerat media lama Disney Corporation, National Amusements (pemilik
kabel Viacom jaringan dan CBS Television), dan NBC Universal (anak perusahaan
General Electric) juga memposisikan diri untuk membuat, mendistribusikan, dan
memamerkan konten di Internet, cetak, radio, rekaman musik, televisi, dan film.
Namun,
beberapa dari kombinasi ini terbukti berhasil dan konglomerat media terlepas.
AOL Time Warner kembali memanggil dirinya sendiri Time Warner dan kemudian
memisahkan sistem kabelnya dari operasi medianya dan memutar AOL. Perusahaan
media baru mengambil inisiatif dari tua. Apple menjadikan dirinya sendiri
sebagai pemain paling kuat dalam rekaman music industri dengan iTunes,
mengguncang industri telepon dengan iPhone, dan mengguncang media cetak dengan
iPad. Google muncul sebagai iklan terbesar sedang, dan perekam video digital TiVo
mengirimkan getaran melalui Industri TV.
Menyusul krisis ekonomi yang dimulai
pada 2007, transaksi media yang sarat utang gagal karena pinjaman datang karena
dan pembiayaannya mengering. Pendapatan iklan dan saham media merosot diikuti
oleh jatuhnya permintaan untuk produk-produk konsumen. Tidak ada industri yang
dipukul lebih keras daripada surat kabar. Jumlah dua koran kota-kota menyusut
dan kertas harian lainnya mengurangi jumlah hari mereka membuat pengiriman
rumah atau menjadi publikasi online secara eksklusif. Piagam Komunikasi,
perusahaan kabel terbesar keempat di Amerika Serikat, Mereka memimpin
kebangkrutan, begitu juga kelompok kepemilikan radio terbesar kedua, Citadel Penyiaran.
Miliarder Sumner Redstone, pemilik CBS Television dan Viacom, terpaksa menjual
video game pembuat Midway Games dengan kerugian besar untuk membantu menyelamatkan
diri dari utang. Kabel raksasa televisi Comcast Cablevision tersentak NBC
Universal sebagai pendapatan dari televisi NBC jaringan anjlok.
MENGUBAH
GAYA HIDUP
Ketika media baru memasuki kehidupan
kita, media pola konsumsi berevolusi. 4/5 pengguna internet sekarang menonton
video online dalam sebulan, rata-rata sekitar 10 jam menonton setiap bulan
(comScore,2009). Tiga perempat Internet pengguna mengunjungi internet untuk
politik tujuan selama pemilihan 2008(Pew Research Center, 2009). Puncak video game
seperti "Call of Duty" buat uang sebanyak film top seperti Manusia
Besi 2.Perubahan gaya hidup di kalangan populasi usia kuliah membuat media eksekutif
memperhatikan: dewasa muda tidak lagi mudah dijangkau oleh konvensional media
massa. Mereka membelanjakan begitu banyak waktu menyulap iPod mereka, ponsel,
dan video game (sering secara bersamaan) dan berpartisipasi dalam komunitas
online seperti Facebook bahwa hanya ada sedikit waktu atau minat berangkat ke
surat kabar atau televisi. Itu sebabnya media lama menjalankan situs web pertahankan
minat pada Survivor, buat "buzz" untuk film baru, atau tambahkan
diskusi langsung forum untuk dicetak cerita. Itu juga mengapa media dan
pengiklan terlihat untuk cara-cara baru untuk merebut kembali pemirsa dewasa
muda, seperti membuat TV menunjukkan tersedia secara online dan memasukkan
iklan ke dalam video game.
PERUBAHAN
MEDIA DALAM SEJARAH
Meskipun perubahan di media, dan
perubahan dalam masyarakat yang menyertai mereka, kadang-kadang tampak sangat
baru dan berbeda, media dan masyarakat selalu beradaptasi satu sama lain. Di
bagian ini kita akan mempelajari bagaimana caranya peran media telah berkembang
ketika masyarakat berkembang — dan sebaliknya — dari fajar peradaban manusia)
melalui pertanian, industri, dan masyarakat informasi (Bell, 1973; Dizard,
1997; Sloan, 2005).
MASYARAKAT
PREAGRICULTURAL
Sebelum masyarakat pertanian
berkembang, kebanyakan orang hidup dalam kelompok kecil sebagai pemburu hewan
dan pengumpul tumbuhan. Budaya-budaya ini tergantung pada kata yang diucapkan
untuk mengirimkan ide di antara mereka sendiri dan antar generasi. Dukun dan
pendongeng menyebarkan berita. Tradisi lisan sangat luar biasa yang kaya,
membawa kepada kami Homer Iliad dan Odyssey serta kisah-kisah epik,
cerita-cerita rakyat, nyanyian ritual, dan lagu-lagu dari banyak budaya lain.
Karya-karya ini berasal dalam bentuk-bentuk lisan hidup hari ini di dongeng dan
cerita-cerita campfi yang kita beri tahu anak-anak kita.
MASYARAKAT
PERTANIAN
Begitu masyarakat pertanian
berkembang, sebagian besar pekerjaan ditemukan di ladang atau di sumber daya ekstraksi,
seperti penambangan, penebangan, dan penebangan. Masyarakat pertanian lebih
stabil dan lebih kompleks daripada masyarakat pra-pertanian. Itu adalah budaya
Sumeria kuno, yang terletak di Irak modern, yang biasanya dikreditkan dengan
mengembangkan tulisan pada 3100 SM. Metode penulisan Yunani-Romawi berkembang
menjadi alfabet masa kini. Dalam peradaban awal, keaksaraan hanya umum di kalangan
imam dan kalangan atas kelas. Dalam beberapa budaya keaksaraan sengaja
dibatasi, karena kelas penguasa ingin menjaga massa tidak tahu apa-apa dan jauh
dari ide-ide baru. Reproduksi karya cetak sangat melelahkan. Para biarawan
Kristen menyalin buku-buku dengan tangan. Orang Cina mengembangkan percetakan
dengan pers yang menggunakan kayu berukir blok, kertas, dan tinta. Dengan
sebagian besar penduduk masih buta huruf, kurir terampil untuk menghafal pesan
lisan panjang adalah spesialis komunikasi yang berharga.
MASYARAKAT
INDUSTRI
Meskipun awal Revolusi Industri
sering tanggal untuk berkorespondensi dengan penemuan Thomas Newcomen tentang
mesin uap pada 1712, yang penting cikal bakal industrialisme ditemukan di
bidang komunikasi: pencetakan Alkitab Gutenberg Jerman pada 1455. Johannes
Gutenberg adalah yang pertama gunakan jenis logam bergerak — huruf-huruf
individual bukannya pelat laman lengkap—yang bisa digunakan lagi dalam berbagai
hal kombinasi. Akhirnya, ribuan salinan identik dari karya cetak bisa dicetak
relatif murah. Dicetak salinan Alkitab dan agama lainnya bekerja, termasuk
salinan di asli bahasa berbagai Eropa Barat budaya, berperan dalam penyebaran
Reformasi Protestan atas Abad ke-16, yang pada gilirannya memacu difusi lebih
lanjut dari keaksaraan. Produksi massal dan penyebarannya keaksaraan ke kelas-kelas
masyarakat baru membantu membuat permintaan untuk dicetak sporadic lembar
berita yang akhirnya berkembang menjadi surat kabar. Pada 1690 Benjamin Harris menerbitkan
surat kabar pertama di Amerika, Kemunculan Publick, Keduanya Luar Negeri dan
Domestick, meskipun kolonial Inggris pihak berwenang segera menutupnya karena
dicetak tanpa mereka izin. Empat belas tahun kemudian, John Campbell mencetak orang
Amerika pertama yang layak surat kabar, Boston News-Letter. Dalam arti,
Revolusi Industri metode Gutenberg diperpanjang ke pembuatan bukan hanya kertas
koran, tapi hampir semua jenis barang. Industri produksi (dan upah yang lebih
tinggi) dipusatkan di kota-kota besar, memicu massa migrasi dari daerah
pedesaan ke kota dan dari pekerjaan pertanian hingga manufaktur. Menumbuhkan
populasi perkotaan dengan uang untuk dibelanjakan pada barang-barang manufaktur
menyediakan audiensi siap sebagai surat kabar diperluas untuk menjadi iklan
pertama didukung media massa komunikasi.
Pada 1910, Amerika Serikat telah
menjadi masyarakat industri: Manufaktur telah melampaui pertanian bekerja untuk
pertama kalinya. Industrialisasi juga mendorong penyebaran keaksaraan untuk
mengatasi pekerjaan yang lebih kompleks persyaratan dan tuntutan kehidupan
perkotaan. Segera, metode industri produksi massal diterapkan untuk mempercepat
proses pencetakan surat kabar dan majalah dan untuk menciptakan komunikasi bar teknologi
untuk populasi perkotaan. Film, radio, dan televisi, serta surat kabar dan
majalah, adalah media karakteristik masyarakat industri.
Sumber
: eBook - MediaNow
Comments
Post a Comment