Tugas Soft Skill (Inovasi SI & New Technology ke 2)

Baak.gunadarma.ac.id
Studentsite.gunadarma.ac.id

Tugas          : Soft Skill
Matkul        : Inovasi SI & New Technology #


TREND DAN INNOVASI SISTEM INFORMASI
            Jika Anda adalah konsumen media, maka Anda akan menghabiskannya sembilan dan seperempat jam sehari dengan media! Kalikan jumlahnya dengan angka hari dalam setahun, dan Anda akan menghabiskan hampir lima bulan setiap tahun dengan media (lihat Tabel 1.1). Karena ini adalah era informasi kita dapat memecahkannya ke dalam bit dan byte data komputer. Ini menambah hingga 34 miliar byte sehari per orang, atau sekitar sepertiga dari kapasitas harddisk komputer 100 GB drive (Bohn & Short, 2009).

MEDIA DALAM  MENGUBAH DUNIA
            Teknologi media berubah setiap generasi: Misalnya, Mr. McQuitty, yang berusia 45 tahun, adalah produser televisi. Ketika dia di perguruan tinggi jurusan komunikasi, Mr. McQuitty  ia mempelajari melewati buku, surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Hari ini, media konvensional ini telah berevolusi melalui munculnya teknologi digital. Sekarang Dunia berputar di sekitar iPod, SMS, Facebook, YouTube, dan Xbox dll.
            Bentuk media konvensional menggabungkan dengan yang baru dengan cara yang mengubah pola konsumsi media kita, hidup kita, dan masyarakat tempat kita hidup. Siapapun yang memilikinya pernah menggunakan ponsel untuk mengunduh e-mail, melihat klip video, atau mendengarkan lagu yang telah mengalami penggabungan massa konvensional media menjadi bentuk media baru melalui kemajuan dalam digital


MENGUBAH INDUSTRI

            Tren konvergensi terus mendorong transformasi konvensional media ke bentuk digital baru

meskipun ada kekuatan di baliknya Tren ini sedang berubah. Pada 1990-an, perusahaan media konvensional mencoba mendominasi media yang baru. Televisi kabel dan raksasa penerbitan Time-Warner bergabung dengan America Online, maka penyedia Internet terbesar. Korporasi Berita, pemilik Jaringan Fox, membeli MySpace.com. Saingan konglomerat media lama Disney Corporation, National Amusements (pemilik kabel Viacom jaringan dan CBS Television), dan NBC Universal (anak perusahaan General Electric) juga memposisikan diri untuk membuat, mendistribusikan, dan memamerkan konten di Internet, cetak, radio, rekaman musik, televisi, dan film.

MENGUBAH GAYA HIDUP
            Ketika media baru memasuki kehidupan kita, media pola konsumsi berevolusi. 4/5 pengguna internet sekarang menonton video online dalam sebulan, rata-rata sekitar 10 jam menonton setiap bulan (comScore,2009). Tiga perempat Internet pengguna mengunjungi internet untuk politik tujuan selama pemilihan 2008(Pew Research Center, 2009). Puncak video game seperti "Call of Duty" buat uang sebanyak film top seperti Manusia Besi 2.Perubahan gaya hidup di kalangan populasi usia kuliah membuat media eksekutif memperhatikan: dewasa muda tidak lagi mudah dijangkau oleh konvensional media massa. Mereka membelanjakan begitu banyak waktu menyulap iPod mereka, ponsel, dan gim video (sering secara bersamaan) dan berpartisipasi dalam komunitas online seperti Facebook bahwa hanya ada sedikit waktu atau minat berangkat ke surat kabar atau televisi. Itu sebabnya media lama menjalankan situs web pertahankan minat pada Survivor, buat "buzz" untuk film baru, atau tambahkan diskusi langsung forum untuk dicetak cerita. Itu juga mengapa media dan pengiklan terlihat untuk cara-cara baru untuk merebut kembali pemirsa dewasa muda, seperti membuat TV menunjukkan tersedia secara online dan memasukkan iklan ke dalam video game.

Tren Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Masa Kini
1.       Visi TI Indonesia? Sebagai awal perenungan, ada baiknya kita menengok visi TI secara umum, tanpa muatan lokal. Masa awal internet, tahun 1990-an, ditandai dengan lahirnya berbagai visi teknologi informasi masa depan yang pada umumnya digambarkan sebagai berikut:
“Komputer ada di mana-mana, semakin portable dan mobile. Di sisi lain, seluruh peralatan yang menunjang kehidupan manusia akan mengandung komputer yang embedded. Ketersediaan jaringan internet sangat tinggi karena itu akses terhadap informasi dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Internet akan mengandung informasi yang berlimpah. Manusia dapat bekerja, menikmati hiburan, bersosialisasi dan berkelana secara virtual ke seluruh dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduknya. Robot-robot cerdas akan melayani seluruh kebutuhan manusia. Manusia dapat melakukan berbagai hal dengan upaya fisik yang sangat minimum. Dua hal kunci adalah: cyberspace atau dunia virtual, anytime anywhere access dan minimalisasi aktifitas fisik.”
           
Masa Depan Teknologi Informasi
            Masa depan teknologi informasi akan didorong oleh biaya yang rendah dan meningkatnya kekuatan komputer maupun komunikasi. Kekuatan komputer diukur dalam kecepatan pemrosesan, kapasitas penyimpanan data dan keragaman alat-alat input atau output. Kekuatan komunikasi diukur oleh biaya dan kecepatan transmisi, sperti jumlah data yang dapat dikomunikasikan dalam satu waktu tertentu. Organisasi bisnis selalu menunjukkan hasratnya pada aset-aset murah yang memiliki kekuatan untuk mengubah operasi mereka.
            Komputer dan komunikasi juga sedang mengalami penggabungan. Telepon genggam kini memiliki browser, e-mail dan kemampuan foto serta fitur-fitur penyuntingan. Canesta, Inc. telah mengembangkan sebuah keyboard yang dibuat hanya oleh cahaya. Ia merupakan gambar dari sebuah keyboard yang dapat diproyeksikan ke semua permukaan yang datar. Logitech telah mengembangkan pula io, sebuah pena digital. Roller di dalam pena ini bekerja hampir sama seperti bola roller di dalam mouse komputer, akan tetapi pena ini mampu “mengingat” seluruh kata dan gambar yang ditulis. Pengguna tinggal menempatkan pena ke dalam keranjangnya dan meng-unggah (upload) teks dan gambar yang dibuat dengan menggunakan pena tersebut.

            Kemajuan-kemajuan ini mengindikasikan bahwa di masa depan komputasi akan rendah biaya, berukuran kecil, bergerak dan terhubung. Untuk mengambil keuntungan dari segala kemungkinan ini, manajer harus belajar menerapkan sistem informasi kedalam pengambilan keputusannya.

Komputer Masa Depan
            Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.
            Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang haruslebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Sehingga komputer masa depan akan mendukung Sistim Informasi Manajemen dengan lebih baik dan lebih memudahkan penggunaannya dengan tingkat pengamanan yang baik pula.

Contoh Tren Sistem Informasi Saat ini yaitu :
Social Gaming
            Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.

Body Motion Sensor
            Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.



Augmented Reality
            Perkembangan game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.



Internet TV
            Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.

Mobile Payments
            Sejalan dengan semakin maraknya Facebook di mobile gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model pembayaran T-Cash menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan muncul pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online ini.

Online Application
            Sudah usang menggunakan Office dengan PC Desktop dan harus terikat dengan lokasi tertentu. Di 2010, penggunaan aplikasi berbasis web dengan model Office Apps akan marak disebabkan meningkatkan bandwith yang tersedia. Di tahun 2009 masih sebagian negara yang menggunakannya dengan maksimal, perlahan-lahan trend ini akan mulai meningkat dengan cepat di Asia dan Indonesia. Contohnya adalah aplikasi Zoho.



Cloud Computing
            Seiring dengan kebutuhan aplikasi online, maka sistem cloud computing akan merambah lebih jauh di tahun 2015. Tidak hanya menjadi penyedia penyimpanan file maupun email dalam volume besar, namun sudah mulai memberikan service dalam bentuk aplikasi baik tingkat enterprise maupun individu.

Nah itu dia inovasi-inovasi SI & TI. Sebenarnya masih banyak yang lainnya, tapi saya hanya menyebutkan beberapa saja sebagai contoh. Dan pastinya inovasi SI dan TI akan terus berkembang seiring perkembangan jaman dan perkembangan otak manusia.


Sumber :
1.Sumber : eBook - MediaNow
2. https://mobnasesemka.com/10-trend-teknologi-informasi-2017/


Comments

Popular posts from this blog

Flowchart Sistem Pakar

Analisa Teknologi Insfrastrukstur Bank BNI

pretest_vc11_3KA10_1B118709_M.Faisal Daulay