Tugas Soft Skill (Inovasi SI & New Technology ke 2)
Baak.gunadarma.ac.id
Studentsite.gunadarma.ac.id
Tugas : Soft Skill
Matkul : Inovasi SI & New Technology #
TREND DAN INNOVASI SISTEM INFORMASI
Jika Anda adalah konsumen media,
maka Anda akan menghabiskannya sembilan dan seperempat jam sehari dengan media!
Kalikan jumlahnya dengan angka hari dalam setahun, dan Anda akan menghabiskan
hampir lima bulan setiap tahun dengan media (lihat Tabel 1.1). Karena ini
adalah era informasi kita dapat memecahkannya ke dalam bit dan byte data komputer.
Ini menambah hingga 34 miliar byte sehari per orang, atau sekitar sepertiga
dari kapasitas harddisk komputer 100 GB drive (Bohn & Short, 2009).
MEDIA
DALAM MENGUBAH DUNIA
Teknologi
media berubah setiap generasi: Misalnya, Mr. McQuitty, yang berusia 45 tahun,
adalah produser televisi. Ketika dia di perguruan tinggi jurusan komunikasi,
Mr. McQuitty ia mempelajari melewati
buku, surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Hari ini, media konvensional
ini telah berevolusi melalui munculnya teknologi digital. Sekarang Dunia
berputar di sekitar iPod, SMS, Facebook, YouTube, dan Xbox dll.
Bentuk
media konvensional menggabungkan dengan yang baru dengan cara yang mengubah
pola konsumsi media kita, hidup kita, dan masyarakat tempat kita hidup.
Siapapun yang memilikinya pernah menggunakan ponsel untuk mengunduh e-mail,
melihat klip video, atau mendengarkan lagu yang telah mengalami penggabungan
massa konvensional media menjadi bentuk media baru melalui kemajuan dalam
digital
MENGUBAH
INDUSTRI
Tren konvergensi terus mendorong
transformasi konvensional media ke bentuk digital baru
meskipun ada kekuatan di baliknya Tren ini sedang berubah. Pada 1990-an,
perusahaan media konvensional mencoba mendominasi media yang baru. Televisi
kabel dan raksasa penerbitan Time-Warner bergabung dengan America Online, maka
penyedia Internet terbesar. Korporasi Berita, pemilik Jaringan Fox, membeli
MySpace.com. Saingan konglomerat media lama Disney Corporation, National Amusements
(pemilik kabel Viacom jaringan dan CBS Television), dan NBC Universal (anak
perusahaan General Electric) juga memposisikan diri untuk membuat, mendistribusikan,
dan memamerkan konten di Internet, cetak, radio, rekaman musik, televisi, dan film.
MENGUBAH
GAYA HIDUP
Ketika media baru memasuki kehidupan
kita, media pola konsumsi berevolusi. 4/5 pengguna internet sekarang menonton
video online dalam sebulan, rata-rata sekitar 10 jam menonton setiap bulan
(comScore,2009). Tiga perempat Internet pengguna mengunjungi internet untuk
politik tujuan selama pemilihan 2008(Pew Research Center, 2009). Puncak video game
seperti "Call of Duty" buat uang sebanyak film top seperti Manusia
Besi 2.Perubahan gaya hidup di kalangan populasi usia kuliah membuat media eksekutif
memperhatikan: dewasa muda tidak lagi mudah dijangkau oleh konvensional media
massa. Mereka membelanjakan begitu banyak waktu menyulap iPod mereka, ponsel,
dan gim video (sering secara bersamaan) dan berpartisipasi dalam komunitas
online seperti Facebook bahwa hanya ada sedikit waktu atau minat berangkat ke
surat kabar atau televisi. Itu sebabnya media lama menjalankan situs web pertahankan
minat pada Survivor, buat "buzz" untuk film baru, atau tambahkan
diskusi langsung forum untuk dicetak cerita. Itu juga mengapa media dan
pengiklan terlihat untuk cara-cara baru untuk merebut kembali pemirsa dewasa
muda, seperti membuat TV menunjukkan tersedia secara online dan memasukkan
iklan ke dalam video game.
Tren Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Masa Kini
1. Visi
TI Indonesia? Sebagai awal perenungan, ada baiknya kita menengok visi TI secara
umum, tanpa muatan lokal. Masa awal internet, tahun 1990-an, ditandai dengan
lahirnya berbagai visi teknologi informasi masa depan yang pada umumnya
digambarkan sebagai berikut:
“Komputer
ada di mana-mana, semakin portable dan mobile. Di sisi lain, seluruh peralatan
yang menunjang kehidupan manusia akan mengandung komputer yang embedded.
Ketersediaan jaringan internet sangat tinggi karena itu akses terhadap
informasi dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Internet akan mengandung
informasi yang berlimpah. Manusia dapat bekerja, menikmati hiburan,
bersosialisasi dan berkelana secara virtual ke seluruh dunia tanpa harus
beranjak dari tempat duduknya. Robot-robot cerdas akan melayani seluruh
kebutuhan manusia. Manusia dapat melakukan berbagai hal dengan upaya fisik yang
sangat minimum. Dua hal kunci adalah: cyberspace atau dunia virtual, anytime
anywhere access dan minimalisasi aktifitas fisik.”
Masa
Depan Teknologi Informasi
Masa
depan teknologi informasi akan didorong oleh biaya yang rendah dan meningkatnya
kekuatan komputer maupun komunikasi. Kekuatan komputer diukur dalam kecepatan
pemrosesan, kapasitas penyimpanan data dan keragaman alat-alat input atau
output. Kekuatan komunikasi diukur oleh biaya dan kecepatan transmisi, sperti
jumlah data yang dapat dikomunikasikan dalam satu waktu tertentu. Organisasi
bisnis selalu menunjukkan hasratnya pada aset-aset murah yang memiliki kekuatan
untuk mengubah operasi mereka.
Komputer
dan komunikasi juga sedang mengalami penggabungan. Telepon genggam kini
memiliki browser, e-mail dan kemampuan foto serta fitur-fitur penyuntingan.
Canesta, Inc. telah mengembangkan sebuah keyboard yang dibuat hanya oleh
cahaya. Ia merupakan gambar dari sebuah keyboard yang dapat diproyeksikan ke
semua permukaan yang datar. Logitech telah mengembangkan pula io, sebuah pena
digital. Roller di dalam pena ini bekerja hampir sama seperti bola roller di
dalam mouse komputer, akan tetapi pena ini mampu “mengingat” seluruh kata dan
gambar yang ditulis. Pengguna tinggal menempatkan pena ke dalam keranjangnya
dan meng-unggah (upload) teks dan gambar yang dibuat dengan menggunakan pena
tersebut.
Kemajuan-kemajuan
ini mengindikasikan bahwa di masa depan komputasi akan rendah biaya, berukuran
kecil, bergerak dan terhubung. Untuk mengambil keuntungan dari segala
kemungkinan ini, manajer harus belajar menerapkan sistem informasi kedalam
pengambilan keputusannya.
Komputer Masa Depan
Dengan
teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan
bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita
seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan
komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang
dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak
akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap
penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin
digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang
juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan
pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer)
ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.
Secara
prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang haruslebih canggih dan lebih murah
dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir
serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki
kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan
lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi,
bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil.
Sehingga komputer masa depan akan mendukung Sistim Informasi Manajemen dengan
lebih baik dan lebih memudahkan penggunaannya dengan tingkat pengamanan yang
baik pula.
Contoh Tren Sistem Informasi Saat ini yaitu :
Social Gaming
Dampak perkembangan Facebook yang
semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya
pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah
melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya
penggunaan micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game
flash online.
Body Motion Sensor
Kini bermain game akan lebih asyik
karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti
badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation
juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah
tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor
webcam.
Augmented Reality
Perkembangan game dengan model
augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu
simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform
baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR
hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
Internet TV
Perkembangan ini akan mulai marak di
tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk
penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010
disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses
pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social
network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
Mobile Payments
Sejalan dengan semakin maraknya
Facebook di mobile gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model
pembayaran T-Cash menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada
tahun 2010 akan muncul pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online
ini.
Online Application
Sudah usang menggunakan Office
dengan PC Desktop dan harus terikat dengan lokasi tertentu. Di 2010, penggunaan
aplikasi berbasis web dengan model Office Apps akan marak disebabkan
meningkatkan bandwith yang tersedia. Di tahun 2009 masih sebagian negara yang
menggunakannya dengan maksimal, perlahan-lahan trend ini akan mulai meningkat
dengan cepat di Asia dan Indonesia. Contohnya adalah aplikasi Zoho.
Cloud Computing
Seiring dengan kebutuhan aplikasi
online, maka sistem cloud computing akan merambah lebih jauh di tahun 2015.
Tidak hanya menjadi penyedia penyimpanan file maupun email dalam volume besar,
namun sudah mulai memberikan service dalam bentuk aplikasi baik tingkat
enterprise maupun individu.
Nah
itu dia inovasi-inovasi SI & TI. Sebenarnya masih banyak yang lainnya, tapi
saya hanya menyebutkan beberapa saja sebagai contoh. Dan pastinya inovasi SI
dan TI akan terus berkembang seiring perkembangan jaman dan perkembangan otak
manusia.
Sumber :
1.Sumber : eBook - MediaNow
2. https://mobnasesemka.com/10-trend-teknologi-informasi-2017/
Comments
Post a Comment